6 Tips Beli Paket Internet Agar Tidak Cepat Habis

“Duh, habis lagi, habis lagi. Padahal baru beberapa hari yang lalu beli paket internet. Entah kenapa tergoda terus untuk download film, streaming Youtube, sama main game.”

Pernah mengalami hal seperti itu? Banyak kok yang senasib. Untuk menghemat kuota internet, mula-mula memang harus memberi perhatian lebih pada aspek psikologi. Sisanya Anda bisa terapkan tips-tips berikut ini.

Inilah Cara Jitu Menghemat Paket Internet untuk Pengguna Smartphone

  1. Batasi Penggunaan Data Internet

Biasanya, ketika orang mau beli paket itu ditujukan untuk pemakaian dalam jangka waktu seminggu atau sebulan. Nah, dalam sebulan itu, berapa kali Anda masuk jaringan internet? Berapa kali pula mengunduh aplikasi atau konten? Coba hitung, ya.

Mulai sekarang, coba anggap data internet itu sama dengan uang fisik. Kan sama-sama bisa digunakan untuk banyak hal tuh. Penggunaan uang yang baik secara umum hanya menyangkut hal-hal penting.

Begitu pula seharusnya ketika memperlakukan data internet. Kalau hanya untuk sekadar hiburan dan buang-buang waktu, dipikir-pikir lagi, ya. Beli data internet kan pakai uang juga.

  1. Gunakan Aplikasi versi Lite

Tak dapat dipungkiri, bahwa aplikasi versi lite itu fitur-fiturnya sangat terbatas. Jauh jika dibandingkan dengan aplikasi indukannya. Tapi yang versi lite selalu bisa menghemat kuota internet karena memiliki tampilan sederhana. Memang tidak perlu pakai lite semua sih. Tapi coba deh pakai beberapa dan lihat hasilnya.

  1. Alihkan Perhatian ketika Mulai Kecanduan Internet

Kalau sudah kecanduan, bawaannya mau main internet terus. Baru ditinggal sebentar untuk cuci baju, pikiran untuk internetan terus-menerus bergentayangan. Biasanya yang kecanduan itu ketika main sosial media dan game. Tak ayal, kuota internet pun gampang ludes hanya dalam beberapa hari.

Baca Juga :   Pasang Solar Panel Untuk Listrik Berkualitas

Untuk mengatasi hal itu memang perlu perjuangan besar. Pada awalnya, terasa begitu berat. Perlu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu agar terbiasa. Ketika “baru” muncul godaan untuk masuk internet, coba langsung alihkan ke hal lain. Jangan beri celah. Misalnya langsung pergi ke taman atau sungai tanpa bawa HP. Bisa, kan?

  1. Matikan Data ketika Selesai Menjelajah Internet

Sebagian orang pasti pernah melakukan hal ini. Apakah Anda salah satunya? Rupanya, aplikasi yang masih aktif dan tidak dihilangkan dari background layar itu tetap bisa mengonsumsi data internet.

Biasanya, pengguna smartphone Oppo Reno 2 yang masih newbie menganggap aplikasi sudah tidak aktif begitu mengetuk tombol “keluar”. Lalu dengan santainya membiarkan data internet terus menyala. Ia berasumsi kalau kuota internetnya tak akan berkurang. Tanpa sadar, justru hal itulah yang bisa bikin boros data internet.

  1. Selidiki dan Uninstall Aplikasi yang Menyedot Banyak Kuota

Bagaimana sih caranya mengidentifikasi aplikasi yang banyak menyedot data internet? Secara berkala, coba cek “pengaturan” dan ketuk “aplikasi”. Teliti satu persatu aplikasi yang sering Anda masuki dengan menggunakan data internet.

Lihat perbedaannya dari hari ke hari. Biasanya kelihatan aplikasi yang agresif terhadap kuota. Begitu ketemu, harap untuk lebih hati-hati lagi ketika memasuki aplikasi tersebut. Kalau bisa, kurangi durasi pemakaiannya biar data internet tetap awet.

Sekarang ini, banyak sekali pilihan cara untuk beli paket internet. Tak harus lewat konter lagi seperti dulu-dulu. Akan tetapi, Anda bisa beli paket via internet. Misalnya lewat marketplace yang rata-rata memberikan harga lebih murah daripada beli di konter. Hanya saja, perkara hemat-menghemat memang perlu usaha yang gigih dan penuh pengorbanan.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: